Minggu, 22 Juni 2014

Karya Agung Kurniawan di pameran ART JOG 2014



Nama Seniman: Agung Kurniawan
Judul Karya: Romi Dan Basuki, Balada Cinta Terlarang
Tahun Pembuatan:  2014
Media: Mixed Media, Audio Variable Dimensions

“sebuah narasi tentang cinta yang dilingkupi oleh persoalan-persoalan politik. Sebuah tawaran untuk memakai gambar sebagai platform bentuk seni yang lain.”


Ada beberapa alasan memilih karya yang di buat oleh Agung Kurniawan, yakni karya tersebut sangat unik dan menggunakan Media yang berbeda dari beberapa karya yang seniman lain buat. Isi yang Agung Kurniawan  maksudkan dalam karyanya mampu dicerna dan di fahami dengan baik oleh kalangan Seniman Senior maupun orang awam sekalipun.
Karya Agung Kurniawan ini syarat akan makna dan menggambarkan realitas kehidupan nyata yang terkadang masih banyak orang belum sadar dan peka  akan hal semacam itu. Sejatinya cinta dan kasih sayang dapat tumbuh di dalam jiwa manusia, pada jiwa siapa saja, dimana saja tak kenal batas hasrat. Sepertinya begitu yang dialami oleh Romi dan Basuki dalam penggambaran karya Agung Kurniawan.
Menggebunya nafsu dan rasa ingin yang berlebih membuat keduanya melakukan hubungan terlarang, bisa dinamakan semacam homoseksual. Bisa saja karena hasrat keduanya sudah membuncah dan tidak dapat tersalurkan pada tempat yang sewajarnya, maka keduanya melakukan hubungan menyimpang dan tidak biasa.
Disini Agung Kurniawan mampu menciptakan rasa itu melalui karyanya, pesannya sampai kepada penikmat seni. Pemilihan warna yang tidak begitu kontras juga mempengaruhi, dan ini adalah sebuah karya yang begitu luar biasa menurut saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar